Monday 31 December 2012

RENUNGAN AKHIR TAHUN


RENUNGAN AKHIR TAHUN

Beberapa menit lagi tahun 2012 akan segera pergi bersama dengan semua kenangan-kenangan di dalamnya. Entah itu kenangan yang indah, menyedihkan, menyenangkan, mengecewakan, ataupun kenangan yang sangat menyakitkan hati. Semua kenangan itu tak perlu terus menerus kita kenang, biarlah kenangan itu tersimpan dalam hati dan hingga saatnya tiba kau akan mengenang kembali semua kenangan itu. Di akhir tahun ini, marilah kita mengintrospeksi diri kita masing-masing. Sudahkah kita melakukan apa yang seharusnya kita lakukan? apakah impian kita di tahun 2012 telah tercapai? sejauh mana diri kita telah melangkah maju untuk meraih cita-cita ? Apakah  kita telah banyak menebarkan kebaikan di muka bumi ini ? dan apakah kita telah meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Sang Pencipta ?
Semua instropeksi itu perlu kita renungkan untuk menjadikan diri kita insan yang lebih baik lagi dari sisi keduniaan dan akhirat. Lihatlah diri kita di cermin, tanyakan padanya semua renungan itu maka kau akan mendapatkan jawaban jujur yang muncul dari dalam lubuk hatimu yang paling dalam. Marilah kita merenung sejenak saja atas semua perbuatan yang telah kita lakukan selama tahun 2012. Jadikan prinsip ” hidup adalah untuk memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain” dalam hidupmu maka kau akan merasakan betapa indahnya dunia ini.
Teruntuk Sang Pencipta kita illahi rabbi, apakah kau sudah melaksanakan segala perintah Nya ? sedih, jika manusia masih enggan untuk melaksanakan perintahNya. Kau tahu kawan, betapa banyak nikmat yang telah Dia berikan kepada kita. Kesehatan, fisik yang sempurna, hembusan nafas kita, keluarga, dan semua yang ada di bumi ini adalah nikmat yang Allah berikan kepada manusia. Tinta selautan pun tak akan mampu menuliskan semua nikmat yang telah Ia berikan kepada kita. Allah tidak pernah lupa memberikan kita nikmat setiap harinya tapi kenapa kita masih saja suka mengabaikan perintah Nya dan melupakan Nya.
Ya Allah, Maafkan Hamba-hamba Mu ini, kami telah berusaha untuk menjaga Keimanan kami, tapi terkadang  iman kami sering lemah dan menyebabkan kami tak mensyukuri nikmat Mu dan melupakan Mu. Ya Rabb, kami mohon, mulai saat ini dan detik ini tetapkanlah iman di dalam hati kami. Istiqomahkan kami selalu dalam beribadah kepada Mu.
Ya Allah, Kau tahu, meski terkadang kami sering melalaikan perintah Mu, tapi di dalam hati, kami sangat mencintai Mu sebagai tuhan kami yang tidak pernah lelah menjaga dan mengawasi kami setiap harinya. Kau tak pernah tinggalkan kami dalam segala keadaan. Kau selalu ada saat kami susah maupun senang, kau selalu mau mendengarkan segala keluh kesah kami saat kami sendirian dan tak ada seorang pun yang mau mendengarkannya. Kau baik ya Allah, sangat baik, sangat baik ya rabb.
Ya Allah, kau masih baik kepada kami walau kami sering berbuat dosa kepada Mu. Ya Allah bolehkah kami menangis dalam sujud saat kami merasa lelah dalam mengarungi kehidupan ini? Ya Allah, Kau yang menguatkan kami di saat kami nyaris putus asa dalam mengarungi kehidupan dunia fana ini. kalau tidak ada Engkau mungkin kami sudah tak kuat menjalani hari-hari yang begitu melelahkan fisik dan jiwa.
Ya Allah ada satu keinginan kami kepada Mu, jika saatnya tiba, malaikat izrail datang untuk mencabut nyawa kami, kami mohon, sebelum kami disiksa atas segala dosa yang kami perbuat kami ingin bertemu dengan Mu. Kami ingin menangis di hadapan Mu, karena telah banyak melakukan perbutan dosa. Kami ingin memohon ampunan Kepada Mu, ingin sekali kami memeluk kehangatan cahaya Mu. Tapi apakah Kau mau menemui kami manusia yang penuh berlumuran dosa. kami sadar dan sangat sadar bahwa kami hanyalah manusia biasa yang berlumur dosa, tak pantas kami bertemu dengan Mu.  Tapi, kami yakin Allah pasti mau bertemu dengan Kami karena Allah Maha Baik. setelah kami bertemu dengan Mu, Kau boleh menyiksa kami Ya Rabb, Kau boleh menyiksa kami ya Rabb, Kami memang pantas mendapatkan balasan atas apa yang telah kami perbuat dalam hidup

YA ALLAH MAAFKAN  KAMI, KAMI SANGAT MENCINTAIMU YA RABBI…

Semoga di tahun 2013 ini kita dapat menjadi pribadi manusia yang lebih baik lagi dan semoga kita dapat menjadi hamba Allah yang lebih taat lagi kepada Nya. Amiin ya Rabb..

No comments:

Post a Comment